PANDEMI COVID19 DAN DIGITALISASI UMKM
Rp 99.400Stok | Tersedia |
Kategori | Ekonomi |
PANDEMI COVID19 DAN DIGITALISASI UMKM
Judul : PANDEMI COVID19 DAN DIGITALISASI UMKM
Penulis : Dr.Rosnaini Daga,.SE,.MM,.CPHCM
Ukuran : 15,5 x 23 cm
Tebal : 192 Halaman
Cover : Soft Cover
SINOPSIS
Dalam buku ini yang berjudul Pandemi Covid19 dan Digitalisasi UMKM, Selama masa pandemi Covid-19 berlangsung (awal 2020 sampai pertengahan 2022), dunia virtual menjadi jauh lebih sibuk dan ramai dari sebelumnya. Hal ini terjadi karena semakin banyak masyarakat beralih menggunakan gadget dan komputer sebagai alat penyambung hidup demi menggantikan berbagai aktivitas secara langsung. Perubahan pada masyarakat tersebut memberikan dampak pada perkembangan perekonomian dengan mempercepat transformasi secara digital. dari bebera hasil riset (BPS, Bappenas, dan World Bank) menunjukkan bahwa pandemi ini menyebabkan banyak UMKM kesulitan melunasi pinjaman serta membayar tagihan listrik, gas, dan gaji karyawan. Beberapa diantaranya sampai harus melakukan PHK .
Digitalisasi UMKM ini merupakan salah satu strategi yang dilakukan oleh UMKM pada masa Pandemi.19 agar UMKM tetap bisa eksisdalam mengakselerasi pengembangan UMKM digital di tengah pesatnya perkembangan teknologi digital. Pelaku usaha UMKM melakukan inovasi dengan berjualan pada platform digital agar dapat bertahan selama masa pandemidengan pemanfaatan teknologi digital pada pertanian untuk meningkatkan kapasitas produksi dan efisiensi biaya.
Tips Digitalisasi UMKM Sederhana : 1) Riset Pasar. Pemilik usaha UMKM perlu melakukan riset pasar terlebih dahulu sebelum mengelola produk. 2) Promosi Brand. 3) Pemasaran Online, 4) Kerjasama UMKM, 5) Pengelolaan Operasional secara Digital. Sedangkan Tujuan dari adanya digitalisasi UMKM adalah untuk membantu masyarakat dalam memudahkan segala aktivitas dan pekerjaan mereka sehari-hari. Tujuan ini memberikan manfaat yang cukup efektif dalam mengoptimalkan banyak hal hingga kita tidak perlu memakan banyak waktu serta usaha untuk mencapai target dari pekerjaan kita. Seperti misalnya saat kita ingin pergi ke suatu tempat yang terkadang belum diketahui rute pastinya, maka dengan adanya digitalisasi ini hadirlah sebuah inovasi dari para pelaku usaha dengan menciptakan berbagai macam aplikasi pencari rute atau aplikasi untuk kita bisa mengakses angkutan umum secara online. Contoh lainnya dari penggunaan teknologi dalam kegiatan bisnis jual-beli melalui proses digitalisasi adalah adanya kemudahan dalam melakukan transaksi antara penjual dengan pembeli yang bisa dilakukan secara singkat. Proses ini mampu menghadirkan berbagai macam aplikasi atau media untuk keperluan proses bisnis seperti marketplace, e-commerce, dan online shop. Dengan begitu masyarakat pun tidak perlu lagi menghabiskan banyak waktu hanya untuk membeli atau menjual sesuatu. Bahkan meskipun kegiatan jual-beli ini melibatkan kedua negara yang berbeda.
PANDEMI COVID19 DAN DIGITALISASI UMKM
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 129 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
Judul : EKONOMI HALAL KONSEP DASAR, PENGEMBANGAN PRODUK INDUSTRI HALAL Penulis : Riky Soleman, S.E.,M.E Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 118 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-497-907-7 SINOPSIS Potensi ekonomi syariah di Indonesia yang besar saat ini belum di optimalkan, seperti potensi… selengkapnya
Rp 84.000Judul : KEUANGAN NEGARA DAN DAERAH Penulis : Dr. Ir. Abdul Nadjib,.MM Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 444 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-215-0 SINOPSIS Buku KEUANGAN NEGARA DAN DAERAH ini adalah buku referensi komprehensif membahas topik keuangan negara dan daerah, termasuk didalamnya mencakup perencanaan dan penganggaran pembangunan nasional,… selengkapnya
Rp 260.400Judul : MINAT DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN : TINJAUAN MELALUI PERSEPSI HARGA & KUALITAS PRODUK (Konsep dan Studi Kasus) Penulis : Yosef Tonce, SE., MM Yoseph Darius Purnama Rangga, SE., MM Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 64 Halaman No ISBN : 978-623-5314-38-9 Tahun Terbit : Mei 2022 SINOPSIS… selengkapnya
Rp 75.000Judul : PENGANTAR AKUNTANSI Penulis : Suhendar, S.E., Ak. M.S.Ak Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 110 Halaman ISBN : 978-623-68720-3-1 blurb Buku ini membahas tentang praktikum dasar akuntansi yang memuat teori dan pedoman dalam praktik akuntansi. Buku ini sangat bermanfaat bagi pengguna dalam memahami teori-teori dan… selengkapnya
Rp 100.800Judul : PENGANTAR ILMU MANAJEMEN : Cara Mudah Memahami Ilmu Manajamen di Era VUCA Penulis : Dr. Ir. Uli Wildan Nuryanto, ST, MM, IPM., Dr Bringiwatty Batbual., M.Sc., Muh. Asraruddin, SE., MM., Sehani, SE., MM., Chairul Insani Ilham ATD. MM., Ainun Mardiah, SE, MM., Badrun Tamam, S.M., M.Pd., Dr. Isniar Budiarti,… selengkapnya
Rp 80.000Judul : Sistem Informasi Keuangan Sekolah Melalui Pendekatan Technology Acceptance Model (TAM) Penulis : Titi Sugiarti, S.E. M. Ak Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 76 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-554-0 SINOPSIS Pengelolaan keuangan sekolah disebutkan bahwa penatausahaan pengelolaan keuangan sekolah di lingkungan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan menggunakan… selengkapnya
Rp 75.000Judul : Kemiskinan Di Kota Ambon Penulis : Baretha Meisar Titioka,SE.,M.Si. Dr. Ir. Fransina.S.Latumahina.S.Hut.MP.IPU. Fransiska Natalia Ralahallo, SE.,M.Sc. Meidylisa Patty, SE.,M.Si. Jacobus Cliff Diky Rijoly, SE.,M.Si. Chriswyn Ruusniel Alfons, S.Sos, M.Si Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 190 Halaman Cover : Soft Cover ISBN : 978-623-68728-9-5 SINOPSIS… selengkapnya
Rp 93.360Judul : Pengembangan Industri Kecil Menengah Kerajinan (Pendekatan Internet Marketing) Penulis : Dr. Dahmiri, S.E., M.M. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 187 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-410-9 SINOPSIS Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, internet marketing menjadi salah satu kunci sukses bagi industri kecil dan menengah (UKM)… selengkapnya
Rp 95.900Judul : Genius Akuntansi Dasar Penulis : Andi Silvan, S.E., M.Ak., QRMO., CRMS., CSMEA., dan Radita Ayu Wulandari, S.Sos Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 76 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-505-041-6 No. E-ISBN : 978-623-505-043-0 (PDF) SINOPSIS Pada bagian awal pembahasan yaitu Bab I, kami sajikan refreshment tentang Persamaan… selengkapnya
Rp 70.000Judul : Pajak Penghasilan Atas Giveaway Penulis : Suparna Wijaya, SE., Ak.,M.M., CPA, CTA, CLI, CSF, BKP Yana Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 150 Halaman No ISBN : 978-623-6233-21-4 SINOPSIS Giveaway tentunya tak lepas dari media sosial. Dengan perkembangan media sosial yang kemudian mendorong kemajuan industri kreatif melahirkan profesi-profesi baru… selengkapnya
Rp 84.240
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.