Paradigma Pendidikan Islam (Analisis Epistemologis Ibnu Khaldun)
Rp 70.000Stok | Tersedia |
Kategori | Pendidikan |
Paradigma Pendidikan Islam (Analisis Epistemologis Ibnu Khaldun)
Judul : Paradigma Pendidikan Islam (Analisis Epistemologis Ibnu Khaldun)
Penulis : Ulin Nuha, M.Ag.
Ukuran : 14,5 x 21
Tebal : 142 Halaman
Cover : Soft Cover
No. ISBN: 978-623-8718-62-7
No. E-ISBN: 978-623-8718-63-4 (PDF)
SINOPSIS
Pendidikan Islam yang merupakan salah satu aspek yang sangat strategis dalam pembinaan suatu masyarakat, memerlukan landasan filosofis yang mapan. Landasan filosofis tersebut diorientasikan pada peserta didik sebagai manusia yang utuh. Makhluk yang memiliki potensi yang tidak dimiliki olah makhluk lain, yaitu akal dan hati. Sehingga dengan landasan filosofis tersebut, tujuan ideal pendidikan Islam dalam membentuk insan kamil berdasarkan Al Quran dan Hadits dapat terwujud.
Ibnu Khaldun, sebagai salah satu pemikir muslim yang mempunyai pandangan tentang epistemologi yang bersifat rasionalistik-empiristik dan wahyu cukup relevan untuk dijadikan landasan filosofis dalam rangka pengcmbangan pendidikan Islam. Relevansi epistemologinya adalah pada fungsionalisasi akal dan landasan etika dan moral yang berdasarkan Al Quran dan Hadits, dalam rangka mengendalikan pengaruh epistemologi Barat yang sekuler.
Prof. Dr. Imam Kanafi, M.Ag.
Guru Besar Ilmu Tasawuf
IAIN KH. Abdurrahman Wahid Pekalongan
“Buku Saudara Ulin Nuha yang mengangkat epistemologi Ibn Khaldun menjadi pilihan yang tepat untuk tujuan penguatan kerangka epistemologi pendidikan Islam yang dapat diimplementasikan dan dikontekstualisasikan dalam perbaikan praktek pendidikan Islam di Indonesia”
Dr. Mualimin Mochammad Sahid
Associate Professor Fakulti Syariah dan Undang-Undang Universiti Sains Islam Malaysia (USIM)
“Melalui ide dan gagasan yang tertuang dalam setiap bab dalam buku ini, penulis berusaha menghadirkan kajian yang komprehensif, dengan harapan dapat memberikan wawasan baru bagi para akademisi, peneliti, dan praktisi pendidikan Islam dalam memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip pendidikan yang diajarkan oleh Ibnu Khaldun. Selamat saya ucapkan atas karya yang sangat bermanfaat ini. Saya berharap buku yang ringkas tapi padat tulisan sahabat saya Ulin Nuha, M.Ag ini dapat memberikan pencerahan dan manfaat yang besar bagi pembaca serta menjadi referensi yang berharga dalam studi pendidikan Islam”
Paradigma Pendidikan Islam (Analisis Epistemologis Ibnu Khaldun)
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 188 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
Judul : Komunikasi Ilmiah dalam Pendidikan Fisika : Strategi Penguasaan Konsep Penulis : Muhammad Bohori, S.Pd., M.Pd Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 106 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-505-421-6 No. E-ISBN : 978-623-505-422-3 (PDF) SINOPSIS Buku ini mengulas pentingnya komunikasi ilmiah dalam pembelajaran fisika, menekankan strategi yang efektif… selengkapnya
Rp 80.000-13%
Judul : MODEL DAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN Penulis : Dr. Adolf Bastian, M.Pd., dan Reswita, M.Pd. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 115 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS Seperti halnya kegiatan menanam, petani perlu menggunakan alat dan cara yang mendukung agar proses menanam dan merawat tumbuhan… selengkapnya
Rp 90.000 Rp 80.000Judul : Teknik Permainan Kendang Tunggal Pada Gamelan Bali Penulis : I Putu Danika Pryatna,I Komang Sudirga Editor : Hendra Santosa Ukuran : 21 cm x 14,5 cm Tebal : 234 Halaman ISBN : 978-623-79438-5-3 blurb : Teknik Permainan Kendang Tunggal Pada Gamelan Bali Lomba penabuh kendang tunggal di Bali bak… selengkapnya
Rp 112.000Judul : Belajar Menyusun Praktikum Untuk Calon Guru Penulis : Aziz Rizki Miftahul Ilmi, M.Pd. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 54 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-505-302-8 No. E-ISBN : 978-623-505-303-5 (PDF) SINOPSIS Buku Belajar Menyusun Praktikum Bagi Calon Guru berisi tentang peranan praktikum dalam pembelajaran. Buku ini… selengkapnya
Rp 80.000Judul : MEDIA PEMBELAJARAN PADA PENDIDIKAN ANAK USIA DINI Penulis : Hodriani, S.Sos., M.AP., M.Pd., Wan Nova Lisia, S.Pd., M.Pd., Usman Alhudawi, M.Pd., Rachel Sehulina., dan Dara Tri Puspita Siregar Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 136 Halaman Cover : Soft Cover No…. selengkapnya
Rp 84.000PENILAIAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR PENULIS : Erwin Akib, S.Pd.,M.Pd.,Ph.D Editor : Dr. Eny Satriana, M. Pd Halaman : 132 halaman Ukuran : 15,5 x 23 cm No ISBN : 978-623-5314-18-1 Tahun Terbit : Mei 2022 Mulai tahun pelajaran 2013/2014, Pemerintah memberlakukan Kurikulum 2013 yang merupakan penyempurnaan dari kurikulum… selengkapnya
Rp 80.000-13%
Judul : Augmented Reality dan Pembelajaran di Era Digital Penulis : Dr. Nurliana Nasution, ST., M.Kom. MTA., MCF Yuvi Darmayunata, M. Kom., MTA Sri Wahyuni, M.Pd, Ch., Cht. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 129 Halaman Cover : Soft Cover SINOPSIS Pada era digital, pembelajaran yang diterapkan harus menggunakan perangkat digital yang tentunya… selengkapnya
Rp 90.000 Rp 80.000Judul : MENGUPAS MAKNA DALAM KOMUNIKASI VERBAL Penulis : I Gusti Ayu Vina Widiadnya Putri, S.S., M.Hum Dr. A.A.A. Dian Andriyani, S.S., M.Hum Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 145 Halaman ISBN : 978-623-68727-4-1 Bahasa digunakan sesuai dengan konteks komunikasi yang dilakukan dalam masyarakat. Konteks dimana sebuah tuturan diucapkan menentukan… selengkapnya
Rp 80.000Judul : BASIC ENGLISH FOR NURSE Penulis : Lanlan Muhria, Nana Supriatna, Rully Khoeru Solihin Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 135 Halaman Cover : Soft Cover Sinopsis English language proficiency is becoming crucial for nurses working in the healthcare industry. It is because they… selengkapnya
Rp 90.000Judul : TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN Penulis : Dr. Gusnarib, M. Pd Rosnawati, S. Pd., M. Pd Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 95 Halaman ISBN : 978-623-62330-5-4 Buku ini secara lengkap disajikan dimana didalam buku ini terdapat kajian berdasarkan RPS untuk mata kuliah Teori-Teori Pendidikan Anak Usia… selengkapnya
Rp 80.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.