SOSIOLOGI EKONOMI Bertahan Hidup Pekerja Belo dalam Upaya Pertahanan Moral Ekonomi
Rp 112.000Stok | Tersedia |
Kategori | Ekonomi |
SOSIOLOGI EKONOMI Bertahan Hidup Pekerja Belo dalam Upaya Pertahanan Moral Ekonomi
Judul : SOSIOLOGI EKONOMI Bertahan Hidup Pekerja Belo dalam Upaya Pertahanan Moral Ekonomi
Penulis : HENGKI PURNOMO
Ukuran : 14,5 x 21 cm
Tebal : 305 Halaman
Cover : Soft Cover
Sinopsi Buku
Moral ekonomi yang penting dipahami adalah satu pirinsip moral “security of life” alias keamanan hidup yang dijalankan pekerja belo. Tujuannya adalah memahami upaya bertahan hidup pekerja belo dalam terbatasnya pendapatan dan jaringan sosial bagian pembentukan prinsip moral dalam pengamanan hidup dan pengembangan ekonomi masyarakat. Pemerintah Kota menganjurkan masyarakatnya berkembang dalam hal usaha, salah satunya usaha keripik sanjai.
Pemerintah mengklaim usaha ini mampu memberikan pemasukan masyarakat, terutama bagi pekerja yang ada di tungku-tungku belo, tapi perkembangan hidup pekerja seakan berjalan ditempat. Lambatnya perkembangan ekonomi dikarenakan modal yang kurang serta pengamanan hidup yang pasti belum terpikirkan pemerintah untuk pekerja belo sampai saat ini. Akibatnya pekerja akan melakukan kegiatan ekonomi apapun yang terpenting hidupnya aman dari goncangan ekonomi. Oleh karena itu, mereka berusaha mencari alternatif pekerjaan, namun selalu berada dalam kegagalan. Salah satu jalan yang dianggap ampuh adalah dengan tetap menjadi pekerja belo, dengan tetap menjaga hubungan baik dengan pemilik usaha keripik sanjai dan membina hubungan baik pada setiap tetangga serta saudara, maka mereka akan mampu tetap hidup karena didasari hidup kebersamaan. Namun, mereka juga tidak sepenuhnya berada pada ranah saling membahu disaat berada dalam kekurangan pendapatan.
Mereka akan memikirkan kembali setiap perbuatan yang diberikan pada orang lain, apakah akan berdampak positif atau tidak, jika tidak maka mereka tidak akan mengambil resiko dalam menjalankan setiap kegiatan, sekalipun itu adalah saudara sediri.
Sehingga hasil ini akan terlihat pekerja belo memang masih berada pada ranah kerjasama dan saling membantu, namun tidak sepenuhnya berada dalam hubungan yang seimbang, bahwa mereka juga akan memikirkan manfaat balik dalam setiap resiko yang akan diambil, seperti menjadi pekerja belo hampir tidak melalui pengeluaran besar dari pada berdagang. Kerjasama yang terbina dilakukan juga tidak terbentuk seketika, tapi dari sebab dan akibat hubungan sosial sebelumnya
SOSIOLOGI EKONOMI Bertahan Hidup Pekerja Belo dalam Upaya Pertahanan Moral Ekonomi
Berat | 300 gram |
Kondisi | Baru |
Dilihat | 317 kali |
Diskusi | Belum ada komentar |
Produk Terkait
Judul : Corporate Governance, Corporate Social Responsibility dan Earnings Management Di Indonesia Penulis : Prasetyono Editor : Adi Darmawan Ervanto Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 175 Halaman No ISBN : 978-623-6233-90-0 Mencuatnya konsep corporate governance di Indonesia merupakan reaksi atas perilaku para pengelola perusahaan yang tidak memperhitungkan stakeholdernya. Hal ini… selengkapnya
Rp 10.500-134%
Judul : STRATEGI PEMULIHAN EKONOMI MELALUI PEMBERDAYAAN PELAKU PARIWISATA, EKONOMI KREATIF, DAN UMKM Penulis : Lukmanul Hakim Hasrun Affandi Umpu Singa, M. Ryan Pahlevi, Novita Aulia, dan Nizaruddin Muhammad Ardiyansyah Agus Purnomo dan Haliza Aina Oktavianur dan Rena Ardiyanti Dora Rinova dan Sinta Balqis Adhelia Oktavianur dan Ayu Kartika Dora Rinova… selengkapnya
Rp 175.680 Rp 75.000Judul : MINAT DAN KEPUTUSAN PEMBELIAN : TINJAUAN MELALUI PERSEPSI HARGA & KUALITAS PRODUK (Konsep dan Studi Kasus) Penulis : Yosef Tonce, SE., MM Yoseph Darius Purnama Rangga, SE., MM Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 64 Halaman No ISBN : 978-623-5314-38-9 Tahun Terbit : Mei 2022 SINOPSIS… selengkapnya
Rp 70.000Judul : Ekonomi Internasional : Teori & Regulasi Penulis : Chaidir Iswanaji, Ipuk Widayanti, Swadia Gandhi Mahardika, Akbar Lufi Zulfikar, Frances Roi Seston Tampubolon, Hariyanti, Nikmatul Masruroh, Arizqiya Nurfattah, Rasidah Novita Sari, Nada Arina Romli, Prima Yustitia Nurul Islami, Muhammad Wahid Sholihul Huda, Abdullah Taufik, Hapsari Wiji Utami, Ramadhani Irma Tripalupi, Aulia Rahman B, Izzun… selengkapnya
Rp 135.200Judul : Program Enterprenuership Pemuda (Sebuah Analisis Kajian) Penulis : Samsudin, dan Jonni Mardizal Ukuran : 14,5 x 21 cm Tebal : 158 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-497-885-8 SINOPSIS Buku ini berjudul “Program Enterprenurship Pemuda : Sebuah Analisis Kebijakan”. Buku ini penulis kontribusikan untuk bidang enterprenuership di Indonesia. Buku ini… selengkapnya
Rp 88.800Judul : Ekonomi Internasional Penulis : Fahmi Susanti Ukuran : 15,5 x 23 Tebal : 104 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-634-7084-14-9 No. E-ISBN : 978-634-7084-42-2 (PDF) Terbitan : Januari 2025 SINOPSIS Sebagai negara dengan populasi yang besar dan sumber daya alam yang melimpah, Indonesia memiliki peran yang strategis dalam ekonomi global…. selengkapnya
Rp 80.000Judul : Bank dan Lembaga Keuangan Non Bank Penulis : Dr. Rispa Eliza, ST. MM., Mohamad Zulman Hakim, S.E., M.M., M.Ak., CSRS., CSRA., Dr. Arini Novandalina, SE, M. SI., Maryam, S.E.I, M.Si., Pretty Naomi Sitompul, S.E., M.Si., Dr. Triana., Meinarsih, SE, M.Si, Ak, CPA, CERA, CFRM, CFA, QIA., Junaidi, S.H., M.H., C.L.A., C.B.P.A., Sulvariany Tamburaka,… selengkapnya
Rp 93.00013%
Penulis : Dr. WIRMIE EKA PUTRA, S.E., M.Si., CIQnR., CSRS., Dr. NELA SAFELIA, S.E., M.Si., CIQnR., Dr. WIWIK TISWIYANTI, S.E., M.M., Ak., CA., dan FREDY OLIMSAR, S.E., M.Si., CIQnR. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 120 Halaman Cover : Soft Cover Sinopsi Buku Buku ini berjudul CORPORATE… selengkapnya
Rp 70.000 Rp 80.000Judul : PERKEMBANGAN EKONOMI KREATIF & EKONOMI INDUSTRI BERBASIS DIGITAL Penulis : Rita Kusumadewi, Heri Fitriadi, Arista Fauzi Kartika Sari, Akbar Lufi Zulfikar, Prima Yustitia Nurul Islami, Dania Hellin Amrina, Ferdian Badri, A’rasy Fahrullah, Fadhil Rasyid, Yan Putra Timur, Dyah Permata Sari, Nada Arina Romli, Dini Safitri, Arini Fitria Mustapita, Swadia Gandhi Mahardika, Maryam Bte… selengkapnya
Rp 205.920Judul : Pengembangan Industri Kecil Menengah Kerajinan (Pendekatan Internet Marketing) Penulis : Dr. Dahmiri, S.E., M.M. Ukuran : 15,5 x 23 cm Tebal : 187 Halaman Cover : Soft Cover No. ISBN : 978-623-162-410-9 SINOPSIS Dalam era digital yang semakin berkembang pesat, internet marketing menjadi salah satu kunci sukses bagi industri kecil dan menengah (UKM)… selengkapnya
Rp 117.000
Belum ada komentar, buka diskusi dengan komentar Anda.